Facebook Pixel

DDGS Bahan Pakan Ternak Berkualitas



Distillers Dried Grains with Solubles (DDGS) adalah hasil sampingan dari proses produksi jagung menjadi ethanol. Dikenal sudah sejak tahun 1970-an, DDGS baru berkembang sekitar tahun 2000-an bersamaan dengan berkembangnya produksi ethanol dari jagung.

Distillers Dried Grains with Solubles (DDGS) mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik jika digunakan sebagai bahan pakan ternak. Sebagai contoh, pada ransum sapi perah, Distillers Dried Grains with Solubles (DDGS) dapat digunakan hingga 15% dalam campuran ransum. Atau dapat dimasukkan hingga sebanyak 20-30% dalam campuran pakan kering, mengingat kandungannya yang sangat baik. DDGS juga dapat dimanfaatkan menjadi pakan unggas semisal ayam, bebek, dan lain-lain ataupun pakan ruminansia lain semisal kambing, domba, kerbau, dan sebagainya.

Untuk mengetahui kandungan DDGS secara detail, gunakan aplikasi terpusat kalkulator pakan. Dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pakan berbagai jenis hewan ruminansia, unggas, perikanan ataupun jenis hewan lain. Terpusat kalkulator pakan memiliki banyak pilihan bahan baku pakan untuk menghitung estimasi bahan pakan yang dibutuhkan.

DDGS merupakan produk impor sehingga harga sangat tergantung pada harga luar negeri. Beberapa negara di Benua Asia, Afrika, Eropa ada yang memanfaatkan DDGS sebagai pakan babi, unggas, bahkan ikan. Oleh karena itu, kepercayaan peternak Indonesia harus mulai dibangkitkan untuk mulai menggunakan DDGS sebagai pakan ternak. Selain mudah didapatkan, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya pun sangat patut menjadi bahan campuran pakan.