Facebook Pixel

Harga dan Manfaat Tepung Ikan



Untuk sebagian besar orang pasti sudah mengetahui tepung terigu, tepung tapioka tau tepung jagung. Namun, mungkin masih ada beberapa orang yang asing dengan tepung ikan. Karena untuk tepung jenis lain biasanya dikonsumsi oleh manusia. Sedangkan tepung ikan adalah salah satu sumber protein hewani tinggi untuk kebutuhan peternakan atau perikanan. Yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran pakan atau bahan pembuatan pelet. Saat ini sendiri sebenarnya sudah cukup mudah untuk mendapatkan tepung ikan sebagai campuran pakan ternak. Banyak penjual tepung ikan terdekat yang ada di setiap wilayah.

Manfaat Tepung Ikan

Seperti yang sudah disebutkan, bahwasannya fungsi utama tepung ikan adalah untuk campuran pakan ternak ataupun sebagai bahan utama pembuatan pelet. Namun demikian, fungsi secara detailnya adalah untuk meningkatkan kandungan protein didalam pakan hewan. Tepung ikan adalah salah satu bahan pakan yang berpotensi sebagai sumber protein maupun lemak, terutama asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsaturated fatty acids atau PUFA), yang diketahui banyak berperan dalam memperbaiki penampilan reproduksi ternak. Tepung ikan juga dilaporkan mengandung asam lemak esensial eicosapentaenoic acid dan docosahexaenoic acid, yang diklaim memiliki fungsi unik dalam meningkatkan produktivitas, kualitas produk, dan penampilan reproduksi ternak.

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kelebihan pemberian tepung ikan terhadap hewan ternak. Sebuah studi mencatat bahwa pemberian tepung ikan sebanyak 2,8 persen hingga 3 persen bahan kering ransum dikatakan dapat menurunkan service per conception atau angka kebuntingan pada sapi perah. Sementara itu, analisis yang lain menyimpulkan bahwa tepung ikan rucah dapat digunakan untuk mensubstitusi tepung ikan dalam formulasi pakan benih ikan nila gesit hingga 75 persen.

Harga Tepung Ikan Terbaru

Harga tepung ikan saat ini sangat terjangkau untuk semua peternak dikarenakan produksi sudah dilakukan di dalam negeri / tidak import. Terpusat adalah penjual tepung ikan terdekat di wilayah Jabodetabek. Anda dapat memesan tepung ikan secara langsung melalui kanal-kanal marketplace:

Ataupun membeli secara langsung, untuk harga tepung ikan terbaru dapat dilihat di harga tepung ikan.